hermawan

Berpacu menjadi yang terbaik

Taman Narmada Kolam Pemandian di Mataram

diposting oleh blog-fisip13 pada 03 March 2016
di Umum - 0 komentar

Sejarah Taman Narmada Lombok Barat

Taman Narmada sebagai salah satu objek wisata Lombok, awalnya di bangun tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok yang bernama Anak Agung Ngurah Karang Asem sebagai tempat upacara dan peristirahatan. Kata Narmada berasal dari Narmadanadi, yang artinya anak sungai Gangga di India. Berhubung taman Narmada mengalami kerusakan, terutama tebing-tebing kolam, taman, pagar maupun bangunan, maka direktorat perlindungan dan pembinaan peninggalan sejarah dan purbakala NTB merekonstruksi taman Narmada selama 8 - 9 tahun (1980 - 1988) dengan hasil yang seperti sekarang ini. Wujud dari taman ini menyerupai gunung Rinjani dengan danau Segara Anak. Jadi tak heran Taman Narmada menjadi salah satu tempat wisata di Lombok yang paling terkenal.

Taman Narmada
Taman Narmada

Taman Narmada Kolam Pemandian Air Awet Muda

Komplek taman Narmada luasnya kurang lebih dua hektare dan memiliki bagian, antara lain: pura Kulasa, pura Narmada, ale Terang, bale Loji, telaga kembar, telaga Padmawangi, bale Bancingah, bale Pamerajan, bale Petirtan dan beberapa bagian lainnya. Taman ini di desain dengan inspirasi puncak gunung Rinjani, sehingga untuk sampai ke bagian atas taman ini, yaitu pura Kulasa, pengunjung harus berjalan melewati anak tangga yang cukup melelahkan. Di bagian bawah terdapat 3 kolam (telaga) bersumber matai air alam, kolam ini menyerupai danau kecil. 3 kolam ini melambangkan 3 danau Segara Anak di puncak gunung Rinjani. Sumber mata air kolam ini katanya berasal dari sumber mata air gunung Rinjani. Terkenalnya objek wisata Narmada ini, salah satunya karena keberadaan bale Petirtan, di mana di dalamnya terdapat sebuah mata air yang merupakan pertemuan tiga sumber mata air: Suranadi, Lingsar dan Narmada sendiri. Sehingga banyak penduduk lokal atau wisatawan datang ke sini untuk membasuh muka, atau mengambil air untuk diminum yang konon katanya bisa membuat awet muda :). Tiket masuk ke taman ini Rp 5.000/orang dan jika anda ingin mandi/berenang dikenakan tarif Rp 5.000/orang. Jika anda lapar, anda bisa makan sate bulayak yang banyak dijual di dalam area taman ini.

Transportasi Menuju Taman Narmada

  • Jika anda ingin mengunjungi taman Narmada, ada 3 opsi yang bisa anda lakukan, yaitu;
  • Naik angkutan umum dari Mataram (terminal Mandalika) menuju objek wisata Narmada Rp 5.000, kurang lebih 20 menit.
  • Naik taxi dar kota Mataram sekitar Rp 30.000
  • Sewa mobil, relatif lebih mahal di banding naik taxi, jika anda hanya ingin ke taman Narmada, tetapi kalau anda ingin mengunjungi objek wisata di Lombok lainnya, mungkin opsi sewa mobil lebih murah jika anda terdiri dari 4 - 7 orang.

Penginapan di sekitar Taman  Narmada

Sedikit sekali penginapan layak yang ada di sekitar taman indah Narmada. Sebaikknya anda mencari hotel di kota Mataram.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :