hermawan

Berpacu menjadi yang terbaik

Cara Menanam Kencur yang Baik

diposting oleh blog-fisip13 pada 27 January 2016
di Umum - 0 komentar

Manfaat Tanaman Kencur

Kencur selama berabad-abad dikenal memiliki banyak kegunaan diantaranya banyak digunakan untuk bahan baku makanan dan minuman, rempah-rempah, bahan baku produk kosmetik, bahan baku produk rokok, serta bahan baku dari jamu,  nah pastinya tanaman ini akan sangat berguna jika dapat anda tanam di pekarangan rumah bukan atau anda bisa menjadikan kencur sebagai bisnis anda? Artikel ini akan membahas tentang cara menanam kencur.

Cara Menanam Kencur

Pertama-tama kita harus mencari varietas bibit kencur terlebih dahulu bisa dari sentra kencur ataupun dari bibit yang dijual di toko-toko pertanian. Kencur sendiri merupakan tanaman yang hidup diketinggian 100 sampai dengan 500 meter di atas permukaan laut, dan pembudidayaannya baik dilakukan di tanah lempung yang berpasir.

Setelah anda mendapatkan bibit kencur anda perlu melakukan pengolahaan tanah yang dapat dilakukan diawal musim penghujan, yang harus anda lakukan adalah mencangkul tanah dengan kedalaman 25 – 30 centimeter, setelah itu tanah dapat anda gemburkan dan dibersihkan dari rerumputan , barulah anda dapat membuat bedeng dengan kedalaman 15 sampai 20 centimeter juga lebar 1-1,5 meter, lalu jarak antara bedeng adalah 30 centimeter, barulah selesai itu anda dapat memberi pupuk kompos ke tanah.

Karena menanam kencur sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan anda perlu membuat beberapa parit diantara bedengan sehingga terdapat sistem drainase yang mampu menahan laju air hujan. Rimpang ditanam kurang lebih 7,5 centimetr dan jarak antara rimpang sekitar 15 centimeter.

Setelah itu berilah pupuk urea di sekitar tanaman, anda juga perlu melakukan penyiangan pada saat tanaman menginjak umur 1 hingga 2 bulan. Waktu penyiangan bisa anda atur sesuai kondisi dari lahan kencur anda. Yang terpenting anda harus memastikan tanaman kencur tidak terluka, kencur sendiri dapat di panen setelah berumur 8 sampai 12 bulan

Melihat artikel diatas saya harap anda sudah mengerti tentang cara menanam kencur dengan baik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: alienatani

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :