hermawan

Berpacu menjadi yang terbaik

Beberapa Gejala Ginjal Bermasalah yang Perlu Diketahui

diposting oleh blog-fisip13 pada 13 December 2015
di Umum - 0 komentar

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang fungsinya sangat penting. Meskipun ada dua, namun sebenarnya manusia bisa hanya menggunakan satu ginjal saja. Itu dia mengapa banyak orang yang rela menyumbangkan satu ginjalnya kepada orang lain, karena tubuhnya masih bisa ditopang dengan satu ginjal. Akan tetapi kondisi ini tentu juga bisa membuat kondisi tubuh tidak seimbang lagi. Sama halnya jika fungsi ginjal sudah bermasalah. Banyak gejala-gejala yang akan dialami oleh penderitanya.

Gejala ginjal bermasalah seharusnya diketahui oleh semua orang. Pasalnya setiap orang berpotensi mengalami gangguan ginjal. Jika tidak segera diketahui dan ditangani, penyakit ginjal bisa semakin parah dan risiko paling buruknya adalah kematian. Ada beberapa gejala yang memang perlu diwaspadai sejak awal, misalnya seperti tubuh yang membengkak. Biasanya tubuh yang membengkak terjadi di beberapa bagian. Misalnya seperti kaki, perut bahkan terkadang di seluruh tubuh.

Penyebabnya adalah karena kelebihan cairan di dalam tubuh sudah tidak bisa lagi dikeluarkan oleh ginjal yang fungsinya sudah tidak normal lagi. Akibatnya terjadilah penimbunan cairan di dalam tubuh yang bisa membuat tubuh membengkak. Kondisi ini juga bisa membuat frekuensi kencing semakin berkurang atau jumlah air kencingnya berkurang saat buang air kecil. Jika sudah mengalami gejala ini, masalah ginjal yang dialami berarti sudah memasuki tahap lanjut.

Satu lagi gejala ginjal bermasalah yang paling sering dialami oleh penderita penyakit ginjal yang sudah cukup parah adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Bahkan seorang penderita ginjal bermasalah bisa lebih berisiko mengalami patah tulang ketimbang orang yang ginjalnya normal. Hal ini diakibatkan karena tubuh akan mengambil kalsium dari tulang apabila kalsium tubuh berkurang karena kondisi ginjal yang tidak normal.

Untuk menghindari kerusakan ginjal, disarankan supaya Anda minum air putih secara rutin. Usahakan selalu minum minimal 8 gelas air putih setiap hari supaya tubuh tetap dalam kondisi terhidrasi. Anda juga perlu waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter apabila pinggang Anda sering terasa sakit ketika sedang duduk dalam waktu lama.

Sumber
http://kesehatanaz.com/berbagai-macam-gejala-ginjal-bermasalah-dan-cara-mengatasinya/

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :