hermawan

Berpacu menjadi yang terbaik

Jenis-jenis asuransi syariah

diposting oleh blog-fisip13 pada 05 December 2015
di Umum - 0 komentar

Salah satu transaksi keuangan yang saat ini sedang marak digunakan adalah asuransi. Asuransi sendiri pada umumnya merupakan kegiatan untuk melakukan perjanjian dimana dana yang telah disetorkan dapat diambil kembali pada saat yang telah ditentukan dan telah disetujui antar kedua belah pihak. Perkembangan agama islam yang semakin pesat juga telah memberikan pengetahuan bahwa sebaiknya setiap kegiatan yang dilakukan berdasarkan dengan aturan syariat agama islam.

Dalam ekonomi islam, asuransi disebut juga sebagai tafakul yang berarti penjaminan dan pertanggung jawaban. Asuransi islam disebut juga sebagai asuransi syariah ini perkembangannya sangat pesat karena memiliki kelebihan yang lebih dibandingkan dengan asuransi konvensional.

Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi yang dilakukan dalam asuransi islam. Secara umum dalam asuransi syariah, terdiri dari dua jenis yaitu:

a. Asuransi jiwa (tafakul keluarga)
Asuransi jiwa di asuransi syariah merupakan layanan yang memberikan perlindungan kepada keluarga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak terduga seperti kematian dan kecelakaan yang menimpa nasabah tafakul keluarga. Adapun produk-produk dari asurasi jiwa ini adalah:

1. Tafakul berencana
2. Tafakul pendidikan
3. Tafakul pembiayaan
4. Tafakul berjangka
5. Tafakul kecelakaan
6. Tafakul kecelakaan diri
7. Tafakul khairat keluarga
8. Tafakul dana haji

b. Tafakul umum
Jenis asuransi lainnya adalah tafakul umum yang digunakan untuk memberikan perlindungan kepada para nasabahnya pada peristiwa yang merugikan dan tidak terduga saat terjadi bencana atau kecelakaan atas harta dan benda. Adapun produk-produk yang tersedia dari tafakul umum ini adalah:

1. Tafakul kecelakaan kebakaran
2. Tafakul kendaraan bermotor
3. Tafakul masalah pengangkutan
4. Tafakul resiko pada pemasangan
5. Tafakul resiko pada pembangunan
6. Tafakul gabungan
7. Tafakul penyimpanan uang
8. Tafakul aneka
9. Tafakul rekayasa atau dalam dunia engineering

Jenis-jenis asuransi syariah tersebut dapat dilakukan apabila telah terjadi perjanjian yang telah memenuhi syarat dan ketentuan dalam agama islam. Jika syarat yang ditetapkan tidak sesuai maka perjanjian tidak dapat dibenarkan dan secara otomatis tidak sah pelaksanannya.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :