hermawan

Berpacu menjadi yang terbaik

Hal-hal Penting yang Wajib Diperhatikan Ketika Melamar Pekerjaan

diposting oleh blog-fisip13 pada 21 August 2015
di Umum - 0 komentar

Bekerja merupakan suatu tanggung jawab yang harus dilakukan oleh orang dewasa, apalagi bagi seorang kepala rumah tangga yang harus menafkahi keluarga. Untuk bisa bekerja, tentu saja Anda harus mengajukan surat lamaran pekerjaan sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan oleh pihak perusahaan sehingga posisi dan profesi yang Anda incar bisa segera didapatkan. Dalam hal ini, Anda harus rajin mencari informasi lowongan kerja yang akurat, mulai dari lowongan kerja di sekitar domisili Anda, lowongan kerja Bekasi dan berbagai lowongan kerja di daerah lainnya untuk memperluas kesempatan terjun dalam dunia kerja.

Apabila Anda sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, pastikanlah sumber informasi yang Anda dapatkan merupakan informasi resmi dari pihak perusahaan terkait agar info lowongan yang Anda peroleh terjamin dan bukan tindak penipuan dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Caranya yaitu dengan membuka situs resmi atau mengikuti job fair yang diselenggarakan langsung oleh perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir hal-hal yang merugikan dan tidak terduga dari info lowongan yang Anda dapatkan.

Apabila info seputar lowongan kerja yang akurat dan bisa dipercaya sudah Anda temukan, maka Anda harus menyimak dan mengamati semua informasi yang diberikan oleh perusahaan dengan maksimal sebelum surat lamaran diajukan. Beberapa hal penting yang wajib diperhatikan sebelum melamar pekerjaan diantaranya yaitu:

●     Masa berlaku lowongan kerja.

●     Posisi yang ditawarkan.

●     Prosedur dan tata cara pengajuan surat lamaran, misalnya melalui pos, walk in interview, melalui email atau cara lainnya.

●     Kualifikasi dan kandidat yang dibutuhkan, mulai dari usia, gender, pendidikan akhir, skill, domisili dan lainnya.

●     Dokumen yang harus disiapkan, seperti surat lamaran, CV, fotokopi KTP, ijazah, SKCK dan dokumen lainnya.

Jika semua hal tersebut diperhatikan dengan seksama, maka Anda bisa lebih mudah mengajukan surat permohonan kerja atau lamaran pada suatu perusahaan. Pertama-tama, yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa posisi yang ditawarkan perusahaan cocok dan sesuai dengan kemampuan atau modal skill yang Anda punya. Dengan memilih posisi yang tepat, maka pekerjaan yang Anda jalani akan berlangsung dengan baik dan juga lancar karena modal kemampuan yang dibutuhkan sesuai dengan skill yang Anda punya sehingga proses melamar pekerjaan bisa dilakukan dengan penuh percaya diri dan juga semangat.

Kemudian, Anda juga harus memastikan bahwa kriteria kandidat calon karyawan yang dibutuhkan perusahaan tersebut dapat Anda penuhi seluruhnya. Mulai dari kriteria usia, pendidikan akhir, gender, pengalaman kerja dan lain sebagainya harus sesuai untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda adalah calon karyawan yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, siapkanlah semua kebutuhan lamaran mulai dari CV, surat lamaran dan seluruh dokumen yang diminta oleh perusahaan secara lengkap. Jangan lupa untuk ajukan permohonan kerja tersebut dengan baik sesuai permintaan perusahaan, misalnya dikirim lewat pos, diajukan langsung atau melalui email HRD perusahaan.

Itulah beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan ketika akan melamar suatu pekerjaan. Jika berbagai info lowongan kerja yang Anda dapatkan diamati dengan seksama, maka seluruh persyaratan dan prosedur lamaran kerja bisa Anda lakukan dan dipersiapkan secara maksimal. Apabila semua hal tersebut diperhatikan dengan baik dan pengajuan surat lamaran dilakukan tepat waktu sesuai ketentuan yang diberikan, maka proses lamaran bisa Anda lalui dengan mudah. Dengan kata lain, posisi dan profesi pekerjaan yang Anda inginkan pun bisa didapatkan dengan segera sesuai rencana.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :