hermawan

Berpacu menjadi yang terbaik

Kriteria Kacamata Hitam Berkualitas Baik

diposting oleh blog-fisip13 pada 02 July 2015
di Umum - 0 komentar

Kacamata hitam awalnya seringkali digunakan untuk keperluan gaya-gayaan semata. Saat ini kacamata hitam sudah menjadi kebutuhan utama terutama di kalangan masyarakat perkotaan.. Kacamata hitam dianggap memiliki fungsi lain yang lebih dari sekadar gaya-gayaan. Kacamata hitam ternyata banyak dipakai untuk melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan katarak dan kelainan pada kornea mata. Meskipun demikian, tidak semua kacamata hitam yang dijual di tempat jual kacamata dapat digunakan untuk melindungi mata Anda dari bahaya paparan sinar ultraviolet. Berikut ini beberapa kriteria kacamata hitam berkualitas yang bisa dijadikan referensi ketika akan membeli kacamata hitam yang baik untuk kesehatan.

Simbol UV
Ketika akan membeli kacamata hitam, pastikan terdapat simbol UV pada kacamata hitam tersebut. Umumnya, simbhol UV ini berupa stiker dengan teks bertuliskan UV dan dikelilingi oleh ilustrasi gambar sinar matahari. Terdapat juga tulisan “UV 400” atau “100 percent absorption” yang berarti bahwa kacamata hitam tersebut mampu memblokir gelombang lebih pendek dari 400 nm (termasuk jenis sinar UVA dan UVB). Apabila tulisannya tidak lengkap atau detail seperti “absorbs UV” saja, maka sebaiknya Anda tidak membeli kacamata hitam tersebut.

Polarisasi
Kacamata hitam dengan polarisasi berfungsi untuk menghilangkan silau ketika mengemudi atau beraktifitas di dalam air.

Bingkai
Semakin besar ukuran bingkai kacamata maka semakin banyak pula area yang bisa dilindungi. Bingkai berukuran besar juga akan berfungsi untuk memblokir sinar UV yang datang dari arah samping. Selain itu, kacamata dengan bingkai yang besar bisa meminimalisir terjasinya mata kering.

Warna
Pada dasarnya Anda tidak perlu membeli kacamata yang warnanya paling hitam karena semakin hitam atau gelap kaca maka belum tentu bagus juga tingkat proteksinya. Warna kacamata lain seperti hijau, biru atau pink sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Warna-warna tersebut dibuat untuk selera konsumen yang memang berbeda-beda. Anda dapat selalu menyesuaikan warna kacamata dengan lingkungan sekitar Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kacamata berwarna hijau yang akan cocok ketika pagi atau sore hari.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :