hermawan

Berpacu menjadi yang terbaik

Jenis-Jenis dan Fungsi Tinta Printer

diposting oleh blog-fisip13 pada 04 June 2015
di Umum - 0 komentar

Bagi siapapun yang sering sekali menggunakan printer atau mesin fotokopi tentunya harus tahu berbagai jenis tinta yang digunakan. Jenis-jenis tinta printer tersebut ada yang biasa, anti air dan masih banyak yang lainnya dengan hasil dan kualitas cetakan yang berbeda-beda juga. Berbagai jenis tinta tersebut dapat dibeli di tempat-tempat jual tinta printer di sekitar Anda. Berikut ini akan diulas jenis-jenis tinta printer berdasarkan formula dasar beserta fungsinya.

Dye Base

Jenis tinta printer ini berbahan dasar air (H2O) yang telah dicampur dengan pewarna (colourant). Kelebihan tinta ini adalah tidak mudah mengendap atau mampat pada print head cartridge. Tinta printer ini sering digunakan pada model printer standar karena hasil cetakannya bagus baik untuk kertas HVS biasa atau kertas foto. Harga tinta ini lebih terjangkau jika dibandingkan jenis tinta-tinta lainnya. Namun, hasil cetakan tinta dye base ini tidak tahan air atau mudah luntur pada kertas HVS.

Pigment (Durabrite)

Tinta printer ini memiliki kualitas cetak yang lebih pekat dan tajam. Selain itu, tinta ini tahan air dibandingkan jenis tinta dye base. Tinta pigment terdiri dari air, diluents dan colorant pigment. Tinta pigment ini mampu memberikan hasil cetak yang lebih baik dan lebih tahan lama di semua jenis kertas (HVS, Inkjet Paper atau Photo Paper). Kekurangan tinta ini mudah mengendap dan mengering jika printer tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Tinta pigment ini sering digunakan oleh banyak vendor printer ternama.

Pigment Art Paper Ink

Tinta ini banyak digunakan untuk percetakan skala kecil dan besar. Biasanya kertas yang digunakan adalah jenis art paper ivory untuk mencetak gambar full color.

Sublimation Ink

Jenis tinta ini sering digunakan pada mesin printer infus dan printer untuk mencetak bahan sablon. Karekteristik tinta ini lebih tahan terhadap air dan memiliki degradasi warna yang kuat. Formula tinta ini adalah minyak, perwarna dan diluents. Namun, resiko tersumbatnya print head lebih besar jika dibandingkan dengan jenis tinta pigment.

Artikel lainnya : bromo ijen tour dengan budget minim

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :