hermawan

Berpacu menjadi yang terbaik

Mukena dan Pakaian Muslim

diposting oleh blog-fisip13 pada 16 April 2015
di Umum - 0 komentar

Mukena adalah sebuah alat yang penting dalam pakaian muslimah, pakaian wajib untuk dikenakan saat akan menunaikan ibadah sholat. Pakaian sholat ini sebenarnya adalah produk budaya khas Indonesia. Pakaian sholat ini memiliki fungsi utama, yaitu untuk menutup aurat ketika sholat. Yang dengan kata lain, janganlah memilih pakaian sholat ini yang berbahan transparan, seperti warna pink yang terlalu muda, atau putih yang terlalu tipis. Hal ini akan membuat fungsi utama mukena menjadi hilang. Pakaian sholat untuk wanita ini pun telah semakin berkembang dari masa ke masa. Dan yang paling gres saat ini adalah pakaian sholat model cantik. Model cantik yang dimaksud adalah dalam hal desain pakaian sholat wanita itu sendiri, dan juga tata cara penggunaannya yang dibuat unik.

Penggunaan mukena ini biasanya dilakukan pada saat-saat istimewa, seperti pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha, atau bisa juga dipakai sebagai mahar dalam perkawinan. Pakaian Muslim dan Mukena Dengan Berbagai Jenis Bahan Dalam memakai mukena, kita juga harus memperhatikan bahan pembuatnya. Hal ini penting untuk kenyamanan pemakainya. Yang pertama adalah bahan katun. Bahan ini memang sudah dikenal sebagai bahan paling nyaman dan umum dalam pembuatan berbagai macam pakaian, hal ini juga berlaku dalam pakaian sholat wanita ini.

Bahan katun banyak dipilih para wanita Muslimah karena mempunyai tekstur yang kuat dan halus. Dan katun juga terkenal kain yang mudah sekali menyerap keringat dan membuat pemakainya tidak akan merasa gerah. Katun juga terkenal sebagai kain yang bertekstur cukup empuk dan tidak kaku sehingga tidak akan mengganggu pemakainya dalam melaksanakan sholat. Kelemahan pakaian sholat wanita yang berbahan dasar katun adalah tebal ketika dilipat dan jika dicuci tidak cepat kering. Bahan parasut menjadi pilihan kedua dalam pembuatan pakaian muslim dan mukena ini, bahan ini cocok untuk anda yang sering bepergian. Kelebihan bahan ini adalah bahan yang ringan, mudah dicuci, dan teksturnya yang sudah memang kusut, membuat anda tidak perlu repot merapikannya lagi setelah dipakai. Bahan selanjutnya adalah sutra. Bahan ini mempunyai banyak kelebihan seperti sangat kuat, elastis, tidak panas, dan tidak ikut dingin saat udara di luar dingin.

Perawatan Mukena Pakaian sholat yang indah tidak aka nada artinya, bila anda malas merawatnya. Perawatan untuk tiap jenis bahan pembuat juga tidak sama, maka penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara merawat pakaian sholat yang anda miliki berdasarkan pada bahan-bahan pembuatnya. Bila pakaian sholat anda terbuat dari bahan katun, anda bisa mencuci dan mengeringkannya dengan mesin cuci. Tetapi bila anda menginginkan warna pada pakaian sholat yang tidak memudar, anda bisa mencucinya dengan menggunakan air dingin. Karena bahan katun lebih mudah kusut, anda harus menyetrikanya, agar tidak terlihat kusut.

Sedangkan bila pakaian sholat anda berbahan dasar parasut, bahan ini bisa dicuci dalam mesin cuci, namun jangan anda campurkan dengan pakaian lain. Hindarilah juga pemutih pakaian, karena akan merusak bahan parasut ini. Setrika bahan parasut ini dengan suhu yang paling rendah. Sedangkan untuk bahan sutra, anda bisa mencucinya dengan pelembut pakaian, jangan gunakan detergen. Hindari memeras dan menguceknya juga, dan gantungkan pakaian sholat berbahan sutra di tempat yang terhindar dari sinar matahari. Tambahkan produk penyerap kelembaban dan anti jamur waktu anda menyimpannya. Menyetrika pakaian sholat sutra hanya dilakukan saat diperlukan, gunakan suhu yang paling rendah. Semoga ulasan ini bisa membantu anda dalam memilih pakaian muslim dan mukena. Sumber : plazabajumuslim.com

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :