hermawan

Berpacu menjadi yang terbaik

Mengenal karakter semut rangrang atau semut kroto

diposting oleh blog-fisip13 pada 09 March 2015
di Umum - 0 komentar

sbg serangga sosial, semut rangrang (Oecophylla) mempunyai kesibukan harian, diantaranya tingkah laku menelisik (grooming) trofalaksis, mencari makan, serta memindahkan koloni. Kesibukan semut dlm mencari makan terkait dgn karakter teritori yang bisa berbentuk absolute serta spatiotemporal. Yang disebut dgn teritori absolute yakni, daerah kekuasaan suatu koloni semut yang dipertahankan dr beberapa penyusup. Type semut Oecophylla, Formica rufa, Iridiomyrmex purpureus adalah type semut yang dgn teritori absolute. Sedang karakter teritori spatiotemporal adalah karakter teritori yang cuma menjaga daerah spesifik serta saat spesifik.

Type semut Prenolepis imparis, Myrmecosytus, serta Pheidole adalah type semut yang mempunyai karakter teritori spatiotemporal, bentuk teritori ini bisa berbentuk dua dimensi serta tiga dimensi. Sedang karakter teritori Oechophylla biasanya berbentuk tiga dimensi.

1. Kesibukan Mencari Makan
Semut rangrang dlm aktivitasnya mencari makan, di pengaruhi oleh tiga aspek, yakni keperluan internal, sumber makanan, serta lingkungan fisik. Keperluan internal di pengaruhi oleh aspek lapar serta produksi larva, sedang lingkungan fisik lantaran di pengaruhi oleh kelembapan, temperature serta panjang hari. Makanan semut rangrang bisa berbentuk serangga serta cairan gula. Cairan gula bisa didapat semut lewat sistem simbiosis dgn kutu daun. Semut rangrang tak mempunyai pola kesibukan harian yang pasti pada siang serta malam hari. Tetapi, kesibukan semut rangrang bnyk dikerjakan semut untuk mencari makan pada jam 15. 00 s/d 19. 00 malam.

2. Membuat Sarang dgn Cepat
Semut rangrang adalah salah satu semut yang memliki kekuatan membuat sarang dgn cepat. Sarang dibuat dr hubungan sebagian helai daun muda dgn memakai sutera yang dikeluarkan dr mulut larva. Sarang semut rangrang berbentuk polydomous, berarti salah satu koloni semut menempati bnyk sarang dlm satu pohon atau pohon yang tidak sama.

Dlm satu sarang bisa diketemukan beberapa ratus hingga beberapa ribu semut pekerja. Perpindahan koloni bisa berlangsung bila sarang yang dihuni sudah rusak. Perpindahan larva dikerjakan untuk bikin sarang baru atau melakukan perbaikan sarang yang rusak. Tanggapan semut rangrang amat cepat melakukan perbaikan sarang waktu masuk musim hujan.

Sekian sepintas perihal karakteristik semut rangrang yang bisa saya suguhkan pd kesempatan ini. Semoga berguna bagi kita semua.
Artikel lainnya : panduan lengkap bisnis jual bibit kroto

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :