hermawan

Berpacu menjadi yang terbaik

Kuliner Lezat di Pulau Tidung

diposting oleh blog-fisip13 pada 22 January 2015
di Umum - 0 komentar

Bagi warga ibu kota dan sekitarnya, tidak perlu jauh-jauh terbang ke pulau Bali untuk berlibur menikmati keindahan pantai. Pulau Tidung bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Dewasa ini, wisata pulau Tidung memang sedang banyak diminati wisatawan. Para agen penyedia jasa paket wisata Pulau Tidung murah di tahun 2015 pun jumlahnya sudah tak terhitung. Tidak hanya menyediakan keindahan alam berupa pasir putih dan pantai yang indah saja, nikmatnya kuliner di pulau yang satu ini juga wajib untuk kita coba. Terdapat banyak tempat makan di beberapa sudut pulau ini. Tempat-tempat tersebut biasanya menyediakan aneka makanan berupa seafood mulai dari ikan tuna, ikan bawal, kerang, cumi-cumi dan beraneka ragam jenis ikan lainnya. Semuanya itu merupakan hasil tangkapan para nelayan lokal. Uniknya lagi, pengunjung dapat memilih sendiri ikan yang ingin disantap. Nantinya, akan disediakan beraneka ragam sambal seperti sambal nanas, kacang, mangga yang sangat cocok untuk disantap bersama dengan seafood.

Tidak hanya kuliner berupa seafood saja, ada satu kuliner khas yang wajib anda coba ketika liburan ke pulau Tidung. Kuliner ini bernama Sate Odol. Sate Odol merupakan makanan khas pulau Tidung yang terbuat dari ikan tongkol. Diberi nama sate Odol karena cara teknik mengolah ikan ini dikenal dengan nama ‘odol’ atau ‘diodol-odol’. Daging ikan yang sudah lunak karena dipukul-pukul terlebih dahulu kemudian dikorek dan dikeluarkan dari kulitnya. Proses inilah yang dikenal dengan ‘diodol-odol’. Rasa dari Sate Odol ini sendiri adalah seperti pepes ikan namun ada perpaduan antara rasa legit dan asin. Jika tidak sedang musim ikan tongkol, maka penduduk akan mengganti ikan tongkol dengan ikan ekor kuning.

Selain kuliner-kuliner yang sudah disebutkan tadi, Pulau Tidung juga punya keripik sukun yang biasanya dibeli sebagai oleh-oleh. Keripik sukun ini sangat digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa. Rasanya gurih dan renyah cocok untuk teman ngobrol. Selain itu, masih banyak camilan lain yang bisa anda beli ketika berkunjung ke pulau Tidung. Ada manisan rumput laut, manisan buah ceremai, asinan cumi dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda juga bisa menikmati sajian minuman yang menyegarkan berupa es kelapa muda, es cappucinno cincaun janda kecemplung dengan harga yang pastinya terjangkau. Selamat mencoba.

Selain Pulau Tidung, terdapat pulau-pulau lainnya yang lokasinya berdekatan. Yaitu Pulau Pari, Pramuka, Harapan, dan Untung Jawa. Kuliner dari pulau ini rata-rata hampir sama dengan Pulau Tidung. Namun, jika anda sewaktu-waktu memesan paket wisata Pulau Pari, Pramuka, Harapan, atau Untung Jawa, walaupun kulinernya sama, tapi pasti objek wisatanya akan berbeda dari Pulau Tidung

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :